Pengertian dan Tugas Tugas Produser Film

Produser film merupakan salah satu peran dalam pembuatan suatu film. Produser memiliki beberapa peran yang berbeda-beda. Produser bisa dipekerjakan oleh perusahaan produksi film atau si produser yang merencakan proses produksi film itu sendiri. Produser menjadi salah satu peran paling penting dalam proses pembuatan film, selain tentunya sutradara yang bertugas mengarahkan proses shooting film. Produser pun memiliki tugas dan wewenang yang lebih luas jangkauannya, mulai dari awal perencanaan hingga proses pemasaran film. Berikut ini merupakan pengertian produser serta tugas tugasnya dalam produksi film.

Pengertian Produser

Produser merupakan orang yang bertanggungjawab mengelola tiap aspek film mulai dari proses perencanaan awal, produksi film hingga distribusi film. Produser sebenarnya bisa dibagi lagi menjadi beberapa job desk, mulai dari executive produser atau line produser. Namun secara umum mereka memiliki wewenang yang hampir sama.

Pengertian dan Tugas Tugas Produser Film

Tugas Produser Film


Lisensi film dan anggaran biaya
Saat awal merencanakan suatu film, produser harus menemukan materi film yang bagus yang akan dibuat. Produser juga harus memperhatikan materi yang akan diproduksi, apakah terkendala dengan masalah hak dari pihak lain, sebut saja seperti karakter atau musik yang digunakan, harus original dan jika tidak original, harus mendapat legalitas dari pihak terkait. Adaptasi film dari naskah lain seperti novel atau buku juga membutuhkan waktu tak sebentar bagi produser untuk mengurus legalitas hak untuk diangkat ke layar lebar. Selain itu, produser juga lah yang bertugas mencari dana dan sponsor untuk digunakan sebagai budget anggaran pembuatan film.

Pra-Produksi dan memilih kru film
Dalam proses pra-produksi, produser bertugas mencari kru kru utama dalam produksi film. Produser bertugas untuk menunjuk seorang penulis skenario untuk filmnya. Selain itu, ia juga yang menyetujui sutradara yang akan dipekerjakan dan bahkan casting aktor dan pemain dalam film terkadang juga menunggu persetujuan dari produser. So, pada dasarnya, produser lah yang memilih nama nama yang akan bekerja dalam film.

Proses Produksi
Padatnya jadwal pengambilan gambar dari sebuah film membuat produser tidak bisa selalu mengawasi proses produksi. Terkadang dalam film dengan budget besar, terdapat dua unit yang langsung melakukan shooting di dua tempat terpisah. Dalam hal ini, produser bisa menunjuk executive producers dan line producers untuk mewakili produser utama yang berhalangan hadir.

Post-produksi dan pemasaran
Dalam proses post-produksi, peran produser sangat krusial. Ia lah yang berpihak untuk memberi persetujuan segala materi dalam film, mulai dari efek suara, musik pengiring hingga gambar scene yang diambil. Artinya, setelah editor melakukan proses editing dan diberi musik oleh penata musik, maka produser yang memberikan approvement. Jika merasa ada yang mengganjal, produser bisa meminta sebuah scene dihilangkan atau malah mengganti musik lain. Selain itu, produser juga bertugas untuk menjual film dalam artian mendistribusikan pada pihak-pihak terkait.



Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai pengertian produser serta tugas tugas produser film yang ternyata cukup banyak. Kehadiran seorang produser menjadi sosok yang krusial dalam proses produksi film karena bertugas mengawal pembuatan film dari awal hingga akhir. Oleh karena itu jika sebuah film berhasil meraih piala Oscar, maka sang produser yang berhak menerimanya. Sekian info film terbaru.


-NamaFilm-

>

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Jadwal Tayang Film Bioskop Terbaru 2017 Lengkap

Industri film Hollywood di tahun 2017 diprediksi akan kian menaik. Di tahun 2016 kita disuguhi oleh banyak film film barat yang bagus dan h...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status