Pengertian dan Tugas Tugas Sutradara

Film merupakan sebuah karya seni berbentuk audio visual hasil produksi manusia. Ada banyak film-film bagus dan berkualitas yang beredar di sinema dan bioskop-bioskop, baik film Hollywood, film Asia maupun film Indonesia. Untuk membuat film tentunya dibutuhkan sebuah tim produksi khusus. Tim ini nantinya terdiri dari masing-masing crew dengan tugas job description masing-masing. Beberapa peran kru dalam produksi film antara lain sebagai produser, editor, penata musik, penata rias, kameraman hingga driver. Semuanya memiliki tugas masing-masing yang harus dilaksanakan agar film yang dibuat bisa sesuai dengan konsep awal.

(baca juga job description produksi film)

Dalam tim produksi, kru yang memegang tanggungjawab cukup besar yaitu director atau sutradara. Sutradara merupakan orang yang bertanggungjawab dalam set produksi. Ia dituntut untuk kreatif dalam bidang sinematografi agar bisa menghasilkan visualisasi film yang bagus dari skenario dan naskah yang sebelumnya telah dibuat. Sutradara juga harus pintar-pintar dalam mengarahkan aktor yang berakting hingga dapat menghasilkan adegan yang bagus dalam film. Berikut akan kami tampilkan pengertian dan tugas tugas apa saja yang harus dilakukan sutradara dalam proses produksi film.


Pengertian dan Tugas Tugas Sutradara

Pengertian Sutradara

Dalam bidang proses pembuatan film, sutradara adalah seorang pembuat film yaitu orang yang bertanggungjawab dalam proses produks film, mulai dari mengarahkan talent pemain hingga mengambil adegan yang diperlukan. Dalam bahasa Inggris, sutradara disebut dengan director. Peran sutradara sangat penting dan besar dalam proses produksi film atau movie. Sutradara juga menentukan keberhasilan produksi film. Sutradara bertugas mengarahkan film sesuai dengan skrip yang telah dibuat. 

Dalam hal ini, sutradara bekerjasama dengan kru-kru lain seperti produser film atau penulis skrip. Sutradara lalu merekam adegan sesuai dengan skenario dan naskah dengan mempertimbangkan efek seni kreatif dan drama, baik audio maupun visual. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya.


Tugas Sutradara 

Sutradara merupakan orang yang paling berkuasa dalam set lokasi shooting film. Ia juga memiliki tugas tugas yang dimiliki mulai saat proses pra produksi, proses produksi hingga proses pasca produksi.
  • Mempelajari skenario, mulai dari membaca dan memahami untuk kemudian divisualisasikan dalam bentuk adegan dan scene.
  • Memilih kru yang akan digunakan dalam proses pengerjaan film dengan dibantu produser.
  • Melakukan casting film untuk memilih aktor dan aktris yang akan bermain, dengan bantuan asisten sutradara dan casting director.
  • Melakukan pengerjaan rehearsal yaitu melakukan pembahasan bersama bersama aktor dan aktris untuk menyampaikan visi dan misi film tersebut.
  • Mencari tempat lokasi shooting dengan bantuan kru-kru lain.
  • Memberi pengarahan dan input terhadap tiap aktor dan aktris agar menjiwai peran sesuai dengan skenario dan naskah yang telah dibuat.
  • Mengambil keputusan secara cepat jika ada kendala saat proses shooting.
  • Memimpin jalannya shooting pengambilan adegan.
  • Menentukan adegan-adegan yang akan dilakukan.
  • Melakukan evaluasi materi editing yang telah dikerjana oleh editor dan mixing.

Itulah informasi mengenai pengertian sutradara dan tugas tugas sutradara dalam proses produksi film, baik saat proses pra produksi, proses produksi hingga proses pasca produksi. Sutradara tentu dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengarahkan film agar bisa menghasilkan sebuah karya yang berkualitas dan bagus untuk ditonton. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.


-NamaFilm-

>

4 komentar:

Featured of the Week

Jadwal Tayang Film Bioskop Terbaru 2017 Lengkap

Industri film Hollywood di tahun 2017 diprediksi akan kian menaik. Di tahun 2016 kita disuguhi oleh banyak film film barat yang bagus dan h...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status