Review dan Sinopsis Film The Departed (2006)

The Departed merupakan film bergenre drama crime yang dirilis tahun 2006. Film ini diarahkan oleh sutradara kawakan Martin Scorsese. Selain itu, sederet aktor ternama turut membintangi film ini di antaranya Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, Mark Wahlberg dan Martin Sheen. The Departed sendiri merupakan film remake dari Internal Affairs, film crime-thriller asal Hong Kong yang rilis empat tahun sebelumnya. Keduanya menghadirkan plot yang sama, yang melibatkan aksi mata-mata dan spionase satu sama lain antara agen kepolisian dan komplotan kriminal. Jalan cerita yang diperlihatkan dari kedua sisi membuat storyline film ini menjadi lebih luas. Kota Boston pun dipilih sebagai setting utama dalam The Departed.

(baca juga daftar film Leonardo DiCaprio)

Film ini menjadi salah satu film yang sukses dan banyak dipuji oleh para kritikus film. Selain menghadirkan sutradara dan jajaran cast ternama, The Departed juga menghadirkan aksi thriller yang cukup bagus. Film ini pun menjadi salah satu film terpopuler yang dirilis di tahun 2006 lalu. The Departed bahkan mampu menyabet 4 piala Oscars dalam ajang Academy Awards termasuk dalam kategori bergengsi Best Picture. Film ini juga sukses secara komersil dan sukses mendapat predikat box office. Berikut kami tampilkan informasi dan sinopsis cerita film ini.


Poster Film The Departed

Review dan Sinopsis Film The Departed (2006)

Quote
"Maybe. Maybe not. Maybe f*** yourself" - Dignam


Cast Pemain :
Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, Mark Wahlberg, Martin Sheen

Informasi Umum :
Sutradara : Martin Scorsese
Penulis : William Monahan, Alan Mak
Genre : Crime, Drama
Tanggal Rilis : 6 Oktober 2006
Durasi : 151 menit
Negara : Amerika Serikat, Hong Kong
Bahasa : Inggris
Produksi : Warner Bros., Plan B Entertainment, Initial Entertainment Group (IEG)


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 8.5
  • Rotten Tomatoes Meter : 91%
  • Metascore Critics : 86%
  • Rating NamaFilm : 9.2

Nominasi Oscar Academy Awards (5) :
  • Best Picture (Win)
  • Best Director (Win)
  • Best Adapted Screenplay (Win)
  • Best Film Editing (Win)
  • Best Supporting Actor (Mark Wahlberg)

Scene The Departed

Review dan Sinopsis Film The Departed (2006)

Review dan Sinopsis Film The Departed (2006)

Review dan Sinopsis Film The Departed (2006)


The Departed bercerita tentang seorang polisi bernama Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) yang ditugaskan oleh kepolisian Boston untuk menyamar dan menyelinap ke dalam geng kriminal yang diketuai Frank Costello (Jack Nicholson). Di lain pihak, seorang polisi bernama Collin Sullivan (Matt Damon) merupakan mata-mata dari anggota geng kriminal tersebut. Keduanya kemudian saling beradu spionase dan berpacu dengan waktu untuk bisa mengidentifikasi satu sama lain.

The Departed menghadirkan tema mata-mata dan spionase dari pihak kepolisian dan geng kriminal di Boston, Amerika Serikat. Cerita dihadirkan dari kedua sisi hingga pemikiran dari kedua kubu diperjelas. FIlm ini juga banyak menghadirkan scene memorable, termasuk scene di elevator hingga ending yang cukup mengejutkan. Akting apik yang ditampilkan DiCapio, Damon, Nicholson dan Wahlberg pun patut diapresiasi. Film ini pun menjadi salah satu film yang wajib untuk ditonton.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon