Review dan Sinopsis Film The Sixth Sense (1999)

The Sixth Sense merupakan film bergenre thriller horor Amerika yang dirilis pada tahun 1999. Film ini disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Film The Sixth Sense menjadi salah satu film thriller populer hingga kini. Film ini tak hanya mengusung tema thriller, namun juga drama. The Sixth Sense juga dibintangi oleh aktor populer Bruce Willis yang biasa memerankan film-film action. Kali ini Bruce Willis berperan sebagai Dr. Malcolm Crowe, seorang psikologi anak yang menghadapi sebuah kasus serius. The Sixth Sense tidak banyak menghadirkan penampakan atau kejutan khas film-film horor lain. Poin utama dalam film ini adalah unsur thriller yang berpadu dengan drama.

Film ini menjadi terkenal terutama berkat twist ending yang ada di akhir film. Kehadiran twist ending yang jenius yang dihasilkan sutradara M. Night Shyamalan membuat tren film dengan twist sempat populer. Film ini juga sempat memecahkan rekor saat perilisan DVD dimana banyak pecinta film yang ingin melihat film ini lagi untuk memastikan twist ending di akhir film. The Sixth Sense juga mampu menyabet 6 nominasi piala Oscar dalam ajang Academy Awards, termasuk kategori Best Picture dan Best Director. Film ini juga cukup mendapat respon positif, dengan rating IMDb 8.2 dan Rotten Tomatoes 85%. The Sixth Sense pun disebut sebagai salah satu film horor thriller yang paling populer di dunia.

Poster Film The Sixth Sense

Review dan Sinopsis Film The Sixth Sense (1999)

Quote :
"I see dead people" - Cole Sear


Cast Pemain :
Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collette, Olivia Williams, Trevor Morgan

Informasi Umum :
Sutradara : M. Night Shyamalan
Penulis : M. Night Shyamalan
Genre : Horror, Drama, Thriller
Tanggal Rilis : 6 Agustus 1999
Durasi : 107 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris (utama), Spanyol, Latin
Produksi : Hollywood Pictures, Spyglass Entertainment


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 8.2
  • Rotten Tomatoes Meter : 85%
  • Metascore Critics : 64%
  • Rating NamaFilm : 7.9

Nominasi Oscar Academy Awards (6) :
  • Best Supporting Actor (Haley Joel Osment)
  • Best Supporting Actress (Toni Collette)
  • Best Picture
  • Best Director
  • Best Film Editing
  • Best Original Screenplay

Scene Film The Sixth Sense

Review dan Sinopsis Film The Sixth Sense (1999)

Review dan Sinopsis Film The Sixth Sense (1999)

Review dan Sinopsis Film The Sixth Sense (1999)


Sinopsis cerita The Sixth Sense berpusat pada kehidupan Dr. Malcolm Crowe (Bruce Willis), seorang psikolog untuk anak-anak. Ia bertugas untuk memeriksa kondisi seorang anak bernama Cole Sear (Haley Joel Osment). Cole Sear memiliki kemampuan untuk melihat orang yang sudah mati, atau dalam kata lain bisa melihat hantu. Cole mengaku bisa melihat dan berkomunikasi dengan orang yang sudah mati, tanpa ia ketahui. Dalam hal inilah, hubungan antara Malcom Crowe dan Cole Sear terjalin. Akhir film ini berakhir dengan ending yang cukup mengejutkan, dan memorable dalam industri film Hollywood.

The Sixth Sense memang bukan termasuk film horor terseram dan mencekam. Tidak ada adegan pembunuhan oleh psikopat atau penampakan hantu yang mengagetkan dan membuat penonton menjerit. Meskipun begitu, film ini menawarkan sesuatu yang lain dari unsur thriller horor yang dipadu dengan drama. Setidaknya bagi pecinta horor movie, film The Sixth Sense ini harus ditonton.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon