Review dan Sinopsis Film The Social Network (2010)

The Social Network merupakan film biografi drama yang dirilis tahun 2010. Film ini diarahkan oleh sutradara terkenal David Fincher. Film ini menghadirkan sejumlah cast aktor ternama, sebut saja seperti Jesse Eisenberg, Andrew Garfield dan penyanyi Justin Timberlake. Film ini menceritakan mengenai kisah hidup Mark Zuckerberg yang dikenal sebagai pendiri Facebook. Seperti diketahui bahwa Facebook merupakan salah satu situs sosial media terkenal yang begitu populer di era modern. Facebook juga menjadi salah satu situs paling sering dikunjungi oleh user internet di seluruh dunia. Social Network sendiri diadaptasi dari buku karya Ben Mezrich dengan judul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius and Betrayal. Fokus film akan tertuju pada proses pembuatan Facebook oleh Mark Zuckerberg dan rekan-rekannya serta konflik yang menyelimutinya.

Film ini termasuk sukses besar, baik secara komersil maupun penilaian. Social Network juga mendapat banyak penghargaan, termasuk 8 kali mendapat nominasi Academy Awards dan memenangkan 3 piala Oscars di antaranya. Meski banyak yang menganggap jika ada beberapa bagian dalam film yang faktanya tidak akurat dan tidak sesuai kenyataan, nyatanya The Social Network masih tetap diminati dan disebut-sebut sebagai film terbaik di tahun 2010 lalu. Berikut kami tampilkan info review dan sinopsis film drama ini.


Poster The Social Network

Review dan Sinopsis Film The Social Network (2010)

Quote : 
"Did you know there are more people with genius IQs living in China than there are people of any kind living in the United States?" - Mark Zuckerberg


Cast Pemain :
Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Armie Hammer, Rooney Mara

Informasi Umum :
Sutradara : David Fincher
Penulis : Aaron Sorkin, Ben Mezrich
Genre : Drama, Biography
Tanggal Rilis : 1 Oktober 2010
Durasi : 120 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris (utama), Prancis
Produksi : Columbia Pictures, Relativity Media, Scott Rudin Productions


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 7.7
  • Rotten Tomatoes Meter : 96%
  • Metascore Critics : 95%
  • Rating NamaFilm : 8.8

Nominasi Oscar Academy Awards (8) :
  • Best Adapted Screenplay (Win)
  • Best Original Score (Win)
  • Best Film Editing (Win)
  • Best Picture
  • Best Director
  • Best Actor (Jesse Eisenberg)
  • Best Cinematography
  • Best Sound Mixing

Scene The Social Network

Review dan Sinopsis Film The Social Network (2010)

Review dan Sinopsis Film The Social Network (2010)

Review dan Sinopsis Film The Social Network (2010)


Film The Social Network menceritakan mengenai kehidupan Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) sejak masih di Harvard University. Zuckerberg bersama teman-temannya mengembangkan situs jejaring sosial yang kemudian dikenal dengan nama Facebook. Namun upaya Zuckerberg tidak berjalan semulus yang diperkirakan karena munculnya beberapa konflik, mulai dari klaim dari pihak lain yang menyatakan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka hingga konflik perpecahan dengan teman seperjuangannya sekaligus co-founder Facebook, Eduardo Saverin (Andrew Garfield).

The Social Network disajikan dengan plot yang unik dengan menggabungkan beberapa timeline waktu secara paralel, dimana proses editing film tersebut dianugerahi Best Film Editing pada ajang Oscars. Selain itu skrip dan naskah yang ada juga terbilang sangat bagus dan tidak mononton. Proses pendirian Facebook juga tidak dibuat berlebih layaknya kisah heroik, namun justru dibuat sesuai fakta. Akting Eissenberg dan Garfield juga layak diacungi jempol, begitu pula dengan performa Justin Timberlake yang notabene adalah seorang penyanyi. Overall, film Facebook ini sangat bagus dan layak untuk ditonton.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon