Review dan Sinopsis Film Jurassic Park (1993)

Jurassic Park merupakan salah satu film Hollywood sukses yang dirilis pada tahun 1993 lalu. Film ini merupakan film pertama dari series film Jurassic Park. Film ini diadaptasi berdasarkan novel dengan judul yang sama dan untuk versi filmnya ini disutradari oleh sutradara Steven Spielberg yang sudah terkenal. Jurassic Park menampilkan sejumlah aktor Hollywood, seperti Sam Neill, Laura Dern, Jeff Goldblum, Richard Attenborough, Bob Peck dan Samuel L. Jackson. Film ini menampilkan dinosaurus sebagai tema utama. Ya, hewan purbakala yang telah punah kembali 'dihidupkan' dalam film ini, meski hanya dalam bentuk visual effect. Visual efek dinosaurus yang ditampilkan pun terlihat cukup nyata, dan banyak menuai pujian mengingat di tahun 1993, teknologi yang ada masih belum secanggih sekarang.

Jurassic Park menuai kesuksesan besar secara komersil dan bahkan menjadi film tersukses sepanjang masa pada eranya. Rekor tersebut kemudian dipecahkan oleh Titanic di tahun 1997. Secara penilaian, film ini juga terbilang sukses. Jurassic Park juga sukses menyabet 3 Oscar di ajang Academy Awards. Film ini kemudian diikuti oleh tiga sekuel, yaitu The Lost World: Jurassic Park di tahun 1997 dan Jurassic Park III di tahun 2001 serta yang terbaru, film Jurassic World di tahun 2015.


Poster Film Jurassic Park

Review dan Sinopsis Film Jurassic Park (1993)

Quote : 
"Welcome to Jurassic Park" - John Hammond


Cast Pemain : 
Sam Neill, Laura Dern, Jeff Goldblum, Richard Attenborough, Bob Peck

Informasi Umum : 
Sutradara : Steven Spielberg
Penulis : Michael Crichton
Genre : Sci-Fi, Thriller
Tanggal Rilis : 11 Juni 1993
Durasi : 127 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris (utama), Spanyol
Produksi : Universal Pictures, Amblin Entertainment


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 8.1
  • Rotten Tomatoes Meter : 93% 
  • Metascore Critics : 68%
  • Rating NamaFilm : 8.5

Nominasi Oscar Academy Awards (3) : 
  • Best Sound Mixing (Win)
  • Best Sound Editing (Win)
  • Best Visual Effects (Win)

Scene Film Jurassic Park

Review dan Sinopsis Film Jurassic Park (1993)

Review dan Sinopsis Film Jurassic Park (1993)

Review dan Sinopsis Film Jurassic Park (1993)


Film ini berpusat pada sebuah pulau fiksi Isla Nublar, yang berlokasi di dekat negara Kosta Rika dan berada di wilayah perairan Samudera Pasifik. Seorang pengusaha kaya, John Hammond (Richard Attenborough) dan tim ilmuwan genetik telah sukses menciptakan sebuah tempat wisata yang dipenuhi oleh dinosaurus dengan menggunakan clone genetika di pulau tersebut. Hammond kemudian mengundang 4 orang untuk melihat-lihat, termasuk 2 cucunya. Namun keadaan berubah menjadi tidak sesuai rencana saat masalah demi masalah muncul, yang kemudian menyebabkan para dinosaurus buatan berhasil lolos dari kurungan mereka. Lalu apakah orang-orang yang berada di pulau tersebut berhasil bertahan hidup dari serangan dinosaurus tersebut?

Film ini begitu populer di masanya, dan sampai saat ini pun sering disebut sebagai salah satu film Hollywood paling berpengaruh. Tema dinosaurus yang diangkat dalam film ini pun banyak ditiru oleh film sejenis. Meski begitu, dibanding film-film yang sejenis, masih belum ada yang menandingi kualitas dari Jurassic Park yang original ini. Sekian info sinopsis film kali ini.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon