Review Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Harry Potter merupakan series franchise film tersukses dan terpopuler sepanjang masa, dengan total 8 film dirilis berdasarkan adaptasi novel penulis asal Inggris, J.K. Rowling. Film pertama yang dirilis dalam rangkaian seri petualangan Harry Potter dirilis pada tahun 2001 dengan judul Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Dalam versi novel adaptasi karya penulis J.K. Rowling, judul resmi untuk seri pertama ini adalah Harry Potter and the Philosopher's Stone. Film pertama ini disutradarai oleh Chris Columbus. Sementara jajaran cast para tokoh utama dipercaya pada Daniel Radcliffe, Rupert Grint dan Emma Watson. Ketiganya kemudian menjadi trio karakter yang memorable dalam industri film, seiring peran mereka dalam delapan series film Harry Potter. Secara umum, film ini bergenre fantasy adventure. Film ini juga mengambil tema wizard world atau dunia penyihir, dengan beberapa magic dan fantasy yang ada sepanjang film.

Harry Potter and the Sorcerer's Stone menjadi salah satu film fantasi paling sukses. Film ini begitu populer, dan menjadi batu pijakan dalam series Harry Potter, dimana film-film penerusnya menuai kesuksesan yang lebih besar. Kepopuleran film ini juga memberikan andil bagi kesuksesan film-film Harry Potter berikutnya. Harry Potter and the Sorcerer's Stone mendapat rating 7.4 di situs IMDb dan 80% di situs Rotten Tomatoes. Film ini menjadi salah satu film petualangan fantasy terbaik dunia.

Poster Harry Potter and the Sorcerer's Stone

Review dan Sinopsis Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Quote :
"Wingardium Leviosa!" - Hermione Granger


Cast Pemain :
Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson, Richard Harris, Alan Rickman, Robbie Coltrane, Tom Felman

Informasi Umum :
Sutradara : Chris Columbus
Penulis : J.K. Rowling (novel), Steve Kloves
Genre : Fantasy, Adventure
Tanggal Rilis : 16 November 2001
Durasi : 152 menit
Negara : Inggris
Bahasa : Inggris
Produksi : Warner Bros., Heyday Films, 1942 Pictures


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 7.4
  • Rotten Tomatoes Meter : 80%
  • Metascore Critics : 64%
  • Rating NamaFilm : 8.5

Nominasi Oscar Academy Awards (3) :
  • Best Art Direction-Set Decoration
  • Best Costume Design
  • Best Music, Original Score

Scene Harry Potter and the Sorcerer's Stone

Review dan Sinopsis Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Review dan Sinopsis Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Review dan Sinopsis Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Review dan Sinopsis Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)
 
Review dan Sinopsis Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)


Sinopsis cerita Harry Potter and the Sorcerer's Stone berpusat pada seorang anak bernama Harry Potter (Daniel Radcliffe), yang tidak tahu bahwa dia adalah seorang penyihir. Ia kemudian dijemput oleh Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane) untuk bersekolah di sekolah sihir terkenal Hogwarts. Harry Potter kemudian juga baru tahu bahwa dirinya sangat dikenal di dunia sihir sebagai bocah yang selamat (The Boy who Survived). Ia selamat dari serangan penyihir jahat Voldemort yang berusaha membunuhnya saat ia masih bayi. Peristiwa tersebut juga menewaskan ayah dan ibu Harry Potter yang berusaha melindunginya. Namun Harry Potter selamat dan meninggalkan bekas luka di dahi pelipisnya yang membuatnya begitu terkenal.

Harry Potter kemudian memulai petualangan mempelajari ilmu sihir di sekolah Hogwarts. Ia juga berteman dengan teman-temannya, seperti Ron Weasley (Rupert Grint) dan Hermione Granger (Emma Watson). Mereka bertiga kemudian mulai mendapatkan masalah dan misteri-misteri baru di sekolah Hogwarts. Secara overall, film ini menyajikan keseruan yang luar biasa. Selain itu, konsep dan tema yang unik dan menarik membuat film ini layak untuk ditonton.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon