Daftar 5 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Film animasi menjadi salah satu genre film yang digemari saat ini. Film animasi menghadirkan jalan cerita dan konsep yang unik sehingga menarik perhatian tidak hanya anak-anak saja, namun juga pecinta film pada umumnya. Film animasi biasanya dibuat untuk membuat cerita film yang tidak bisa dibuat dengan manusia. Industri film animasi pun berkembang pesat hingga kini, mulai dari film kartun, film 3D, film anime, film clay animation, film stop-motion dan masih banyak lagi teknik film animasi lainnya.

Ada beberapa perusahaan studio yang bergerak dalam pembuatan dan produksi film animasi di dunia. Beberapa di antaranya mampu populer berkat kualitas film-film yang dihasilkan yang mampu populer dan menjadi film box office di seluruh bioskop dunia. Kesuksesan film animasi yang diproduksi memang mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit bagi studio animasi yang bersangkutan.

Daftar 5 Studio Animasi Terpopuler di Dunia


1. Walt Disney Animation Studios


Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Walt Disney tentu saja menjadi studio animasi paling berpengaruh sepanjang masa. Film-film produksi Disney sudah tidak ragukan lagi kualitasnya. Disney juga menjadi salah satu perusahaan film animasi tertua di dunia, dan sudah ada sejak tahun 1921 setelah didirkan oleh pendirinya, Walt Disney. Sudah ratusan film telah diproduksi oleh studio animasi ini, dan banyak di antaranya yang sukses besar dan mampu populer. Mulai dari era film kartun klasik hingga modern, dari film tradisional 2D hingga film animasi 3D komputer. Walt Disney telah melalui berbagai tahap dalam dunia animasi, dan tidak diragukan lagi menjadi studio animasi terbaik hingga kini.


2. Pixar 

Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Pixar Animation Studios atau biasa disebut Pixar merupakan studio animasi terpopuler di dunia. Pertama dibentuk pada tahun 1979, Pixar kemudian berkembang menjadi salah satu studio animasi terbaik. Saat ini saham mayoritas dimiliki oleh perusahaan Walt Disney Company. Pixar merupakan studio yang menghasilkan film-film animasi 3D komputer dengan kualitas grafis dan gambar yang halus dan bagus. Pembuatan film animasi menggunakan teknik CGI dan program-program canggih di bidang animasi sehingga kualitas film animasinya bisa dibilang yang nomer satu. Pixar banyak menghasilkan film-film animasi terbaik dunia. Sejak tahun 1995, total sudah 14 film hingga sekarang telah dirilis oleh Pixar dan semuanya sukses di pasaran. Beberapa film animasi terbaik Pixar bahkan sukses meraih Best Animation Movie di ajang Oscar Academy Awards seperti Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Ratatouille (2007), WALL-E (2008), Up (2009), Toy Story 3 (2010) dan Brave (2012).


3. DreamWorks

Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

DreamWorks adalah studio animasi Amerika yang populer. DreamWorks banyak menghasilkan film-film animasi, program televisi dan juga virtual online. Dengan total 26 film animasi yang dirilis, Dreamworks menjadi salah satu studio animasi terproduktif dan konsisten merilis film animasi yang bagus. Beberapa film animasi populer DreamWorks antara lain adalah Shrek, Kung Fu Panda, Madagascar dan How to Train Your Dragon dimana kesemuanya sukses dibuatkan beberapa sekuel.


4. Studio Ghibli

Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Studio Ghibli, Inc atau Ghibli merupakan studio animasi asal Jepang yang berpusat di kota Tokyo. Studio Ghibli terkenal banyak menghasilkan film film animasi dan film kartun anime. Film film anime memang menjadi salah satu ciri film animasi kartun asal Jepang. Ghibli Studio banyak menghasilkan film film anime terbaik dan terpopuler di dunia, seperti Grave of the Fireflies (1988), My Neighbor Totoro (1988), Princess Mononoke (1997), Spirited Away (2001), Howl Moving Castle (2004), dan Ponyo (2008). Total 20 film telah dirilis hingga kini dimana 16 di antaranya sukses besar. Film Spirited Away bahkan sukses mendobrak dominasi film animasi barat dengan meraih ajang Oscar Academy Awards untuk Best Animated Feature dan menjadi film anime pertama yang memenangkannya.


5. Nickelodeon


Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Nickleodeon memang dikenal sebagai studio animasi terpopuler. Nickelodeon memang lebih berfokus pada kartun series yang ditayangkan di TV. Beberapa di antaranya yang populer adalah Spongebob Squarepants, Rugrats, Chalkzone atau Jimmy Neutron. Meski begitu, Nickelodeon juga beberapa kali merilis film animasi yang tayang di bioskop, dan tidak kalah dari studio animasi lainnya. 


Itulah info dunia film mengenai list 5 besar studio animasi terbaik dan terpopuler di dunia hingga kini. Studio-studio animasi tersebut kini memang dikenal berkat intensitas film-film animasi yang dihasilkan yang bagus dan berkualitas. Semoga info film tersebut bisa menjadi referensi dan menambah wawasan dunia film.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon