Pengertian dan Definisi Film / Movie

Film merupakan sebuah karya seni berupa rangkaian gambar hidup yang diputar sehingga menghasilkan sebuah ilusi gambar bergerak yang disajikan sebagai bentuk hiburan. Ilusi dari rangkaian gambar tersebut menghasilkan gerakan kontinyu berupa video. Film sering disebut juga sebagai movie atau moving picture. Film merupakan bentuk seni modern dan populer yang dibuat untuk kepentingan bisnis dan hiburan. Pembuatan film kini sudah menjadi sebuah industri besar yang cukup populer di seluruh dunia, dimana film film layar lebar selalu dinantikan kehadirannya di bioskop bioskop. Berbagai industri perfilman terbesar antara lain yaitu film Hollywood, Hong Kong atau Bollywood

Film dibuat dengan dua cara utama. Yang pertama yaitu melalui teknik pemotretan dan perekaman melalui kamera film. Cara ini dilakukan dengan dengan memotret gambar atau objek. Yang kedua menggunakan teknik animasi tradisional. Cara ini dilakukan melalui animasi grafis komputer atau teknik CGI. Keduanya juga bisa dikombinasikan dengan teknik dan visual efek lainnya. Pembuatan film biasanya memakan waktu yang tidak sebentar dan relatif lama. Selain itu produksi film juga memerlukan crew dan job desk nya masing-masing, mulai dari sutradara, produser, editor, wardrobe, sinematografer, visual effect, penata musik dan lain-lain. 

Pengertian dan Definisi Film / Movie

Sedangkan para pemain yang berperan dalam film disebut sebagai aktor (pria) atau aktris (wanita). Selain itu juga ada istilah aktor figuran yang digunakan sebagai pemeran pembantu dengan peran yang tidak terlalu banyak dalam film. Hal ini berbeda dari aktor utama yang memiliki peran lebih besar dan lebih banyak. Menjadi aktor dan aktris harus dituntut memiliki bakat akting yang baik, yang sesuai dengan tema film yang ia bintangi. Dalam beberapa adegan tertentu, peran aktor bisa digantikan oleh pemeran pengganti atau disebut stuntman. Keberadaan stuntman cukup penting untuk menggantikan aktor melakukan adegan-adegan berbahaya yang sulit dan ekstrem, yang biasa dijumpai dalam film-film aksi laga.

Film juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu dari si pembuat film itu sendiri. Beberapa studio dan perusahaan juga menggunakan film untuk menyampaikan dan merepresentasikan simbol dan budaya mereka. Pembuatan film juga merupakan bentuk ekspresi, pemikiran, ide, konsep, perasaan dan suasana hati dari seorang manusia yang divisualisasikan dalam film. Film sendiri kebanyakan merupakan cerita fiksi, meski ada juga yang berdasarkan fakta kisah nyata atau based on a true story. Meski begitu, film yang diadaptasi dari kisah nyata juga terkadang dirubah sedemikian rupa sehingga akan mengandung unsur yang lebih mendramatisir.

Ada juga film dokumenter yang gambarnya diambil secara asli dan nyata, atau film biografi yang menceritakan kisah seorang tokoh. Ada banyak genre film populer lainnya, mulai dari film action, horor, komedi, romane, fantasi, thriller, drama, science fiction, crime, dokumenter dan lain-lain. Semuanya memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing yang membedakan satu sama lain.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian film dan definisi lengkapnya atau dalam dunia internasional dikenal dengan sebuta movie. Info tersebut dikutip dari berbagai sumber dan referensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


-NamaFilm-

>

2 komentar:

  1. terima kasih atas postingnya ini sangat berguna bagi proposal saya buat dan izin copas ya., terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. pertama mohon maaf atas copas artikel ini terima kasih telah memposting materi tersebut semoga berguna izin copas

    BalasHapus

Featured of the Week

25 Film Misteri Terbaik Sepanjang Masa

Film terdiri dari berbagai genre, beberapa yang paling populer adalah drama, action, horor atau komedi. Genre lain yang kini cukup digemari...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status